Rabu, 28 November 2012

TUGAS MINGGU KE-2

PERTANYAAN :

  1.Buatlab dengan satu contoh perusahaan nyata yang universal untuk clapat menjelaskan tujuan dari perusahaan
  2.Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan yang nyata
  3.Terangkan dengan menggunakan satu perusahaan yang nyata tentang pengaruh lingkungan intern dan ekstern

JAWABAN :

1. Contoh perusahaan nyata yang diambil adalah PT.Indofood yang bergerak pada bidang makanan dan minuman. Contoh produk yang diproduksi antara lain : Mie sedaap , chiki jet-z , susu cap enaak , trendz , sirup Indofood , dit.
Suatu perusahaan pasti mempunyai suatu tujuan begitu pula dengan PTindofood tujuan suatu perusahaan yaitu :
Profitability yaitu suatu perusahaan ingin menghasilkan keuntungan
Productivity yaitu untuk mengbasilkan produk dengan kualitas yang terbaik atau dengan jumlah tertentu
Growth yaitu untuk berkembang menjadi perusahaan besar dan sukses
Employee satisfaction yaitu perusahaan juga mempunyai tujuan untuk memwaskan para karyawannya
Community interest yaitu perusahaan juga mempuyai tujuan untuk memenwhi kebutwhan masyarakat

2. Pendekatan binis yang digunakan oleh PT.Indofood yaitu dengan pendekatan marketing mix. Marketing mix merwpakan salah satw konsep dasar dalam pemasaran modern. Philip Kotler (1987,63) mengemukakan "Marketing mix adalah seperangkat variabel-variabel pemasaran terkontrol dimana perusahaan menggabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasararr. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen membutuhkan konsep pemasaran yang biasa disebut dengan istilah marketing mix. Marketing mix merupakan kombinasi dari empat variable penting dari konsep pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perwsahaan. Empat variable atau kegiatan inti tersebut meliputi produk ( product ), harga ( price ), tempat ( place ), dan promosi ( promotion ), dan biasa disingkat dengan 4P. Namun karena pemasaran buka
ilmu pasti, kini marketing mix telah berkembang sesuai dengan kondisi pasar menjadi 7P dimana 3P selanjutnya yaitu proses ( process ), orang ( people ), dan bwkti fisik ( physical evidence ).
Product (produk).
Product adalah segala sesuatu ( barang atau jasa ) yang ditawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan perhatian, pembelian, atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Bukan hanya kualitas produk yang dibutuhkan konsumen, namun sistem pelayanan yang diberikan dan desain produk yang menarik juga memberikan nilai lebih pada konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk.
Price (harga).
Price adalah sejumlah uang yang harws dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau jasa. Atau dapat juga diartikan sebagai nilai tukar untuk memperoleh keuntungan dari produk atau jasa yang dibutuhkan. Harga merwpakan salah satu variable marketing mix yang bersifat fleksibel, terkadang bisa stabil dalam beberapa waktu dengan harga tertentu namwn bisa juga tiba — tiba meningkat atau turun tajam disesuaikan degan kondisi permintaan pasar.
Place (tempat).
Place merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat. Variabel tempat juga meliputi saluran distribusi untuk menjangkau konsumen yang tersebar leas. Sehingga beberapa perusahaan membuka kantor cabang di daerah — daerah untuk memudahkan konsumennya
Promotion (promosi).
Promotion adalah kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa pada pasar sasaran, untuk membangun persepsi pelanggan mengenai produka atau jasa yang ditawarkan. Konsep promosi yang biasa digunakan antara lain advertising, public relation, sales promotion, personal selling, serta direct marketing
Process (proses).
Process adalah serangkaian tindakan yang diperlwkan untwk memberikan produk ataw jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Suatu proses bisa berisi tentang metode atau prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan konsumen. Proses pelayanan yang cepat, mwdah dan ramah memberikan nilai lebih konsumen terhadap suatu produk.

People (orang).
People adalah semua orang yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk serta memberikan pelayanan produk kepada konsumen. Orang yang memproduksi dan memasarkan suatu produk jwga memiliki penilaian dimata konsumen.
Physical evidence (bukti fisik).
Physical evidence adalah perangkat — perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung penampilan suatu produk, sehingga memperlihatkan secara langsung kwalitas produk serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

3. Faktor intern dan ekstern
  
FAKTOR INTERN :
Pelanggan / Konsumen
Konsumen membelanjakan yang yang dimilikinya untuk barang yang dimiliki oleh PT.Indofood.
Pemasok / Suplier.
Membantu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah menjadi keluaran atau output yg memiliki nilai tambah.
Pemerintah.
Lembaga yang membuat wndang-undang, kebijakan serta peraturan agar roda perekonomian suatu negara atau daerah dapat berjalan seperti yang telah direncanakan
Serikat Pekerja.
Berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerja seperti : upah, jam kerja, fasilitas, kondisi kerja, dan sebagainya.
Pesaing.
Semakin kuat pesaing kita maka akan mengurangi omset perusahaan, sehingga perlu secara terus menerus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk dapat mengawasai pasar.
Lembaga Keuangan.
Contohnya seperti : bank, asuransi, leasing atau sewa guna, dan lain sebagainya yang membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya.
Lembaga Konsumen.
Badan ini akan membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya. Jika ada masalah antara konsumen dengan produk perusahaan, maka lembaga konsumen akan membantu konsumen.
Pibak yang berkepentingan lain.
Memperhatikan lembaga atau organisasi lain yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Jika kita terjun ke dalam bisnis rumah sakit, maka kelompok dokter, paramedis, pasien, dan lainnya harus diperhatikan Media.
Bagaimana perusahaan dapat memperkenalkan produk/jasa ke masyarakat/konsumen dengan melalwi media.
  
FAKTOR EKSTERN :
Gaga hidup : banyak pasangan swami istri yang sibwk bekerja dan rnembutuhkan makanan slap saji atau instant seperti mie
Nilai social : dilndonesia mengandalkan pada jaringan kerjasama bisnis yang berarti mengandalkan keterampilan social
Upah     : Suatu perusahaan harws menyeswaikan dengan 1JMR
Hama    : Harga prodwknya harws seswai dengan pasar nasional
Kebijaksanaan keuangan pemerintah : harga yang ditetapkan oleh perusahaan harus disosialisasikan oleh pemerintah sehingga perwsahaan tidak bisa menentukan harga produknya sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar