1.Buatlab dengan satu contoh perusahaan nyata yang
universal untuk clapat menjelaskan tujuan dari perusahaan
2.Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan
menggunakan contoh perusahaan yang nyata
3.Terangkan dengan menggunakan satu perusahaan
yang nyata tentang pengaruh lingkungan intern dan ekstern
JAWABAN :
1. Contoh perusahaan nyata yang diambil adalah PT.Indofood yang bergerak pada bidang makanan dan minuman. Contoh produk yang diproduksi antara lain : Mie sedaap , chiki jet-z , susu cap enaak , trendz , sirup Indofood , dit.
Suatu perusahaan pasti mempunyai suatu tujuan begitu pula
dengan PTindofood tujuan suatu perusahaan yaitu :
Profitability yaitu suatu perusahaan ingin menghasilkan keuntungan
Productivity yaitu untuk mengbasilkan produk dengan kualitas
yang terbaik atau dengan jumlah tertentu
Growth yaitu untuk berkembang menjadi perusahaan besar dan
sukses
Employee satisfaction yaitu perusahaan juga mempunyai tujuan
untuk memwaskan para karyawannya
Community interest yaitu perusahaan juga mempuyai tujuan
untuk memenwhi kebutwhan masyarakat
2. Pendekatan binis yang digunakan oleh PT.Indofood yaitu dengan pendekatan marketing mix. Marketing mix merwpakan salah satw konsep dasar dalam pemasaran modern. Philip Kotler (1987,63) mengemukakan "Marketing mix adalah seperangkat variabel-variabel pemasaran terkontrol dimana perusahaan menggabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasararr. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen membutuhkan konsep pemasaran yang biasa disebut dengan istilah marketing mix. Marketing mix merupakan kombinasi dari empat variable penting dari konsep pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perwsahaan. Empat variable atau kegiatan inti tersebut meliputi produk ( product ), harga ( price ), tempat ( place ), dan promosi ( promotion ), dan biasa disingkat dengan 4P. Namun karena pemasaran buka
Product (produk).
Product adalah segala sesuatu ( barang atau jasa ) yang
ditawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan perhatian, pembelian, atau dikonsumsi
guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Bukan hanya kualitas produk
yang dibutuhkan konsumen, namun sistem pelayanan yang diberikan dan desain
produk yang menarik juga memberikan nilai lebih pada konsumen untuk membeli
atau mengkonsumsi suatu produk.
Price (harga).
Price adalah sejumlah uang yang harws dibayar konsumen untuk
mendapatkan sebuah produk atau jasa. Atau dapat juga diartikan sebagai nilai tukar
untuk memperoleh keuntungan dari produk atau jasa yang dibutuhkan. Harga
merwpakan salah satu variable marketing mix yang bersifat fleksibel, terkadang bisa
stabil dalam beberapa waktu dengan harga tertentu namwn bisa juga tiba — tiba
meningkat atau turun tajam disesuaikan degan kondisi permintaan pasar.
Place (tempat).
Place merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau
jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada
sasaran pasar yang tepat. Variabel tempat juga meliputi saluran distribusi untuk
menjangkau konsumen yang tersebar leas. Sehingga beberapa perusahaan membuka
kantor cabang di daerah — daerah untuk memudahkan konsumennya
Promotion (promosi).
Promotion adalah kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk
atau jasa pada pasar sasaran, untuk membangun persepsi pelanggan mengenai produka
atau jasa yang ditawarkan. Konsep promosi yang biasa digunakan antara lain
advertising, public relation, sales promotion, personal selling, serta direct
marketing
Process (proses).
Process adalah serangkaian tindakan yang diperlwkan untwk
memberikan produk ataw jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Suatu
proses bisa berisi tentang metode atau prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh
produk yang dibutuhkan konsumen. Proses pelayanan yang cepat, mwdah dan ramah
memberikan nilai lebih konsumen terhadap suatu produk.
People (orang).
People adalah semua orang yang terlibat dalam kegiatan
memproduksi produk serta memberikan pelayanan produk kepada konsumen. Orang yang
memproduksi dan memasarkan suatu produk jwga memiliki penilaian dimata
konsumen.
Physical evidence (bukti fisik).
Physical evidence adalah perangkat — perangkat yang dibutuhkan
untuk mendukung penampilan suatu produk, sehingga memperlihatkan secara langsung
kwalitas produk serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen.
3. Faktor intern dan ekstern
FAKTOR INTERN :
Pelanggan / Konsumen
Konsumen membelanjakan yang yang dimilikinya untuk barang
yang dimiliki oleh PT.Indofood.
Pemasok / Suplier.
Membantu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau
input untuk diolah menjadi keluaran atau output yg memiliki nilai tambah.
Pemerintah.
Lembaga yang membuat wndang-undang, kebijakan serta
peraturan agar roda perekonomian suatu negara atau daerah dapat berjalan
seperti yang telah direncanakan
Serikat Pekerja.
Berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerja
seperti : upah, jam kerja, fasilitas, kondisi kerja, dan sebagainya.
Pesaing.
Semakin kuat pesaing kita maka akan mengurangi omset perusahaan,
sehingga perlu secara terus menerus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk
dapat mengawasai pasar.
Lembaga Keuangan.
Contohnya seperti : bank, asuransi, leasing atau sewa guna,
dan lain sebagainya yang membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya.
Lembaga Konsumen.
Badan ini akan membantu konsumen dalam memperjuangkan
haknya. Jika ada masalah antara konsumen dengan produk perusahaan, maka lembaga
konsumen akan membantu konsumen.
Pibak yang berkepentingan lain.
Memperhatikan lembaga atau organisasi lain yang berhubungan
dengan bisnis yang dijalankan. Jika kita terjun ke dalam bisnis rumah sakit,
maka kelompok dokter, paramedis, pasien, dan lainnya harus diperhatikan Media.
Bagaimana perusahaan dapat memperkenalkan produk/jasa ke masyarakat/konsumen
dengan melalwi media.
FAKTOR EKSTERN :
Gaga hidup : banyak pasangan swami istri yang sibwk bekerja
dan rnembutuhkan makanan slap saji atau instant seperti mie
Nilai social : dilndonesia mengandalkan pada jaringan
kerjasama bisnis yang berarti mengandalkan keterampilan social
Upah : Suatu
perusahaan harws menyeswaikan dengan 1JMR
Hama : Harga
prodwknya harws seswai dengan pasar nasional
Kebijaksanaan keuangan pemerintah : harga yang ditetapkan
oleh perusahaan harus disosialisasikan oleh pemerintah sehingga perwsahaan tidak
bisa menentukan harga produknya sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar